Soal kuis
1. Apa yang dimaksud dengan kehidupan fisik dan
kehidupan fikiran pada konsep hidup belajar sepanjang hayat
2. Jelaskan pengaruh teknologi tinggi pada
kultur atau budaya
3. Jelaskan 3 entitas yang terkandung dalam
teknologi
Jawab
1. kehidupan fisik dan kehidupan fikiran
- kehidupan fisik
Kehidupan fisik memerlukan makan, minum dan bergerak, sehingga
ia akan mati apabila hal tersebut tidak dipenuhi, sedangkan kehidupan fikiran manusia
akan mati apabila manusia tidak belajar atau berfikir.
- Kehidupan fikiran
Kehidupan fikiran manusia tidak saja berupa unjuk kerja dari
bagian tubuh otak, saraf, dan indera baik yg bersifat analisis maupun sintesis,
melainkan juga merupakan sarana dan prasarana memahami sumber dari segala sumber
kreativitasnya.
Kehidupan fikiran manusia dikembangkan secara sadar melalui pendidikan
dan pengajaran di sekolah, baik secara formal maupun non formal, dari SD s/d sekolah
tinggi.
2. pengaruh teknologi tinggi pada budaya :
dampak positif
- Kemajuan teknologi yang bersifat netral ( neutral technological progress)
- Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja ( labor-saving technological progress)
- Kemajuan teknologi yang hemat modal ( capital-saving technological progress)
dampak negatif
- Budaya Indonesia yang dulunya ramah-tamah, gotong royong dan sopan telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibatnya kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan
- Maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja,seperti banyaknya remaja yang melakukan seks di luar nikah,
- Bergantinya kebiasaan remaja,contohnya remaja di jaman sekarang ini lebih suka berdiam diri di depan computer untuk mermain game atau lebih suka berdiam berjam – jam hanya untuk sekedar sharing di social media di bandingkan untuk memainkan permainan tradisional.
- Penggunaan dialek bahasa Indonesia yang tidak benar seperti bahasa di kalangan remaja ,
- keterampilan (skill),
- logika berpikir (algorithma) dan
- perangkat keras (hardware).
Teknologi sebagai makana untuk memenuhi suatu maksud
di dalamnya terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah sumber daya
(resource) ke suatu produk atau jasa.
Teknologi tidak ubahnya sebagai pengetahuan, sumber
daya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan (objective).
Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan
rekayasa (engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan
atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar