nSiapa yang mempunyai informasi akan menjadi pemenang nInformasi menjadi
nBanyak keputusan strategis tergantung pd informasi
aset dalam perusahaan (4M dan 1I)
Manajemen Informasi
nOperasi-operasi internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung kinerja dan hasil bisnis (Ebert & Griffin, 2003)
Pemakai Informasi
nInternal (staf operasi, manajemen tingkat bawah hingga manajemen tingkat atas)
nEksternal (pelanggan, pemegang saham, pemasok atau mitra kerja, dinas pajak, dan lain-lain)
Level Manajemen dan Pemakai Informasi
Peran Level Manajemen
nManajemen tingkat menengah bertanggung jawab dalam hal perencanaan dan koordinasi kegiatan jangka pendek yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi (pengendalian manajemen)
nManajemen tingkat atas bertanggung jawab terhadap perencanaan jangka panjang (rencana strategis) dan menentapkan tujuan organisasi
Arus Informasi
Data
Informasi
nInformasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan sesorang yang menggunakan data tersebut (McFadden dkk 1999).
ninformasi adalah “jumlah ketidakpastian yang dikurangi ketika sebuah pesan diterima” (Shannon dan Weaver). Artinya, dengan adanya informasi, tingkat kepastian menjadi meningkat.
nInformasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Davis 1999)
Siklus Informasi
Pengetahuan
nPengetahuan (knowledge) adalah kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan (Alter, 1992)
ninformasi yang dipadukan dengan pengalaman masa lalu dan keahlian akan memberikan suatu pengetahuan yang tentu saja memiliki nilai yang tinggi
Data, Informasi, & Pengetahuan
Hierarki Data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar